Kanopi Baja Ringan Atap Rumah Anda

Posted by: GIGASTEEL Comments: 0 0 Post Date: 10 April 2019

Mengetahui Kanopi Baja Ringan – Konstruksi dari baja ringan dikenal memiliki beberapa keunggulan, antara lain kuat, awet, dan mudah dipasang. Oleh sebab itu, baja ringan digunakan juga pada material selain kerangka atap rumah. Paling sering adalah sebagai kerangka kanopi.

Kanopi Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan

Tak hanya memberi fungsi teduh, fungsi kanopi juga mempercantik eksterior rumah Anda. Kanopi baja ringan bisa menjadi tambahan yang multifungsi di rumah. Beberapa contoh pengaplikasiannya adalah sebagai tambahan ruang untuk menjemur pakaian dan menaungi lahan parkir di bagian depan rumah.

Kanopi minimalis bisa dengan mudah Anda lihat di rumah-rumah, entah di taman, entah di teras. Ya, model kanopi minimalis memang cocok digunakan untuk berbagai keperluan dan eksterior rumah seperti apa pun.

Beberapa rumah memilih kanopi kayu sebagai rangka daripada kanopi baja ringan. Sayangnya, risiko dimakan rayap dan mudah lapuk lebih besar menghinggapi kanopi jenis ini.

Pertama-tama, ketahui dulu alasan mengapa sebaiknya Anda memasang kanopi baja ringan

Anti Karat

Baja tidak sama dengan besi. Jadi, jika besi lebih mudah berkarat, baja sebaliknya. Alasannya, baja sudah mengandung galvalum, pelapis anti karat yang dari karbon, zinc, dan aluminium zinc.

Tidak Membuat Api Membesar

Jika sewaktu-waktu rumah Anda tertimpa sial, semisal kebakaran, kanopi jenis ini tak akan membuat api lebih besar. Sifat non-combustible dalam baja sudah pasti melindungi bangunan rumah Anda.

Biaya Instalasi Murah dan Mudah

Mengetahui Kanopi Baja Ringan – Dibandingkan kanopi jenis lain, perawatan dan pemasangan kanopi baja ringan terbilang mudah. Pemasangannya tak lama karena hanya menggunakan baut khusus dan bisa dikerjakan oleh dua-tiga orang. Harga kanopi baja ringan bahkan lebih murah dibandingkan kanopi besi, mulai dari Rp150.000 sampai dengan Rp300.000 per meter persegi. Itu pun tergantung pada model kanopi baja yang Anda sukai (double/flat).

Lebih daripada itu, sudahkah Anda tahu model kanopi baja ringan yang dijual di pasaran?

Model kanopi biasanya ditutup dengan atap dari bermacam bahan, yaitu:

Bahan alderon. Dikenal juga dengan nama PVC Rooftop. Mampu menyerap 70% panas sehingga cocok untuk iklim tropis. Selain itu, mampu meredam suara sampai dengan 15 db. Atap ini cocok digunakan Anda yang tak mau repot merawat kanopi karena tak butuh perawatan khusus.

Bahan polycarbonate. Kanopi polycarbonate memiliki varian warna yang bisa Anda cocokkan dengan cat rumah. Atap jenis ini akan awet hingga 10 tahun. Fiber berongganya mampu menahan serta menjadi UV protection secara maksimal.

Sumber : Google

Bahan spandek/zincalume. Atap ini paling sering digunakan untuk bangunan perumahan, industri, dan komersial. Bentuknya bergelombang dan berbahan plat zincalume dengan ketebalan 0.25 mm-0.5 mm. Zincalume terdiri dari komposisi aluminium, zinc dan silikon. Daya tahan kanopi ini berkisar 30 tahunan.

Bahan solar. Adalah lembaran polycarbonate bergelombang. Meskipun terlihat bening seperti kaca, atap solar (solartuff) sangat kuat dan liat. Atap ini 250 kali lebih kuat dari kaca, 20 kali lebih kuat dari akrilik. Karena bening, halaman rumah Anda tak butuh penerangan tambahan sehingga hemat listrik.

Itu baru 3 bahan teratas. Anda bisa menyebutkan bahan lain jika sudah tahu cara memilih kanopi yang baik. Pilihlah atap yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk harga kanopi baja ringan per m2 dari bahan-bahan tersebut, Anda mungkin menemukan beberapa variasi dari toko ke toko. Namun, range harga umumnya bisa dilihat di daftar berikut.

  • Baja ringan (double) Zincalume 0,35mm: Rp335.750
    Baja ringan (double) Onduline: Rp365.750
    Baja ringan (double) Go Green: Rp310.750
    Baja ringan (double) Twinlite 5mm: Rp405.750
    Baja ringan (double) Solarlite 5mm: Rp365.750
    Baja ringan (double) Xlite 5mm: Rp345.750
    Baja ringan (double) Alderon: Rp535.750
    Besi Hollow Zincalume 0,35mm: Rp365.750
    Besi Hollow Onduline: Rp375.750
    Besi Hollow Go Green: Rp340.750
    Besi Hollow Twinlite 5mm: Rp410.750
    Besi Hollow Solarlite 5mm: Rp385.750
    Besi Hollow Xlite 5mm: Rp350.750
    Besi Hollow Alderon: Rp575.750

Mengetahui Kanopi Baja Ringan – Sekadar catatan, besi hollow atau besi batangan berongga ada dua jenis, yakni galvalum dan galvanis. Besi galvanis memiliki zinc coating 97%, aluminium 1%, dan unsur lain 2 persen. Hollow galvalum mengandung unsur aluminium 55%, besi 43,5%, dan silikon 1,5% sehingga tahan karat. Maka itu, jangan heran jika besi ini lebih mahal dibandingkan galvanis. Ketahuilah cara menghitung pemasangan kanopi baja untuk kebutuhan Anda.

Sumber Baja Ringan

Please follow and like us:
error

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

Follow by Email
Facebook
Facebook
WhatsApp Kontak Kami